5 Manfaat dari Komunikasi yang Efektif untuk Bisnis
- Menyelesaikan masalah lebih cepat
Ketika didapati sebuah masalah maka biasanya selalu ada diskusi untuk
menyelesaikan masalah tersebut. Apabila orang-orang yang terlibat tidak
dapat saling berkomunikasi secara efektif, maka akan lebih susah untuk
mengerti maksud dari pembicaraan. Dampaknya adalah lebih sulit untuk
mencari akar permasalahan yang akhirnya membutuhkan waktu lebih lama
untuk menemukan solusinya.
- Meningkatkan produktivitas
Semakin besar perusahaan maka semakin kompleks pula struktur
organisasinya dan cara komunikasi antar karyawan. Contoh dalam
perusahaan teknologi apabila komunikasi antara project manager dengan
anggota tim teknis yang lain tidak efektif, bayangkan saja berapa lama
waktu tidak produktif yang harus dihabiskan hanya untuk membuat para
teknisi mengerti apa yang dimaksud oleh project manager. Jadi semakin
efektif komunikasinya maka semakin cepat orang lain mengerti apa yang
dibicarakan sehingga eksekusi pun lebih cepat.
- Hubungan kerjasama yang lebih baik
Suatu bisnis akan berkembang lebih cepat apabila terjalin kerjasama
dengan pihak lain. Contoh katakanlah ada usaha toko roti yang ingin
meningkatkan jumlah produksi per harinya. Pastinya untuk memenuhi
kebutuhan bahan baku roti tersebut apabila hanya membeli eceran seperti
biasa pasti biaya yang dikeluarkan akan semakin mahal. Berbeda halnya
apabila melakukan kerjasama dengan pemasok yang akhirnya mendapatkan
harga spesial yang pastinya akan lebih menghemat pengeluaran.
- Promosi lebih mudah
Bisnis yang berskala besar pasti memiliki bagian pemasaran khusus
yang dapat bekerja penuh untuk memasarkan produk tersebut. Namun bukan
berarti ketika kita ingin mendirikan startup sudah harus menyiapkan
divisi pemasaran khusus apalagi jika modal dan sumber daya manusia yang
kita miliki terbatas. Dengan memiliki kemampuan komunikasi yang efektif,
kita dapat mengenalkan produk ke masyarakat lebih mudah karena mereka
dapat langsung mengerti produk baru yang kita luncurkan.
- Meningkatkan kesan profesional
Ketika kita berkomunikasi dengan orang lain secara efektif, maka
orang tersebut akan nyaman selama berbicara dengan kita. Hal ini juga
akan menimbulkan kesan bahwa kita orang yang profesional karena orang
yang diajak bicara dapat mengerti maksud pembicaraan dengan mudah.
Itulah 5 manfaat memiliki komunikasi yang efektif untuk bisnis.
Milikilah kemampuan komunikasi yang efektif supaya bisnis Sobat
Studentpreneur dapat meningkat dan berkembang lebih cepat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar